Mengapa Hanya Satu Sisi Bulan Saja yang Bisa Kita Lihat dari Bumi?

Periode rotasi bulan berbeda denga periode rotasi bumi. periode rotasi bumi yaitu 24 jam ( 1 hari ), sementara periode rotasi bulan yaitu 27. 3 hari.

Muka bulan yang dikihat oleh semua manusia di bumi, baik di indonesia ataupun di belahan bumi yang lain selalu terlihat sama.
Mengapa demikian? wajah bulan selalu pada segi yang sama menghadap bumi dikarenakan periode rotasi bulan sama juga dengan periode revolusinya ( saat yang diperlukan untuk mengelilingi bumi ). kenapa ke-2 periode ini dapat sama, dikarenakan oleh fenomena yang diberi nama tidal locking atau penguncian pasang/gravitasi.

Fenomena penguncian gravitasi ini yaitu fenomena umum didalam sistem gravitasi. banyak satelit planet-planet lain juga terkunci gravitasi dengan planet induknya.

Kenapa fenomena tidak locking terjadi adalah dikarenakan ada torsi yang didapatkan bumi pada bulan, serta bulan bereaksi dengan menyesuaikan periode rotasinya hingga terwujud kesetimbangan yakni waktu periode rotasinya sama juga dengan periode revolusinya.

Mengapa Bulan Berbentuk Sabit?
Fase Bulan (sabit maupun yang lain) terjadi karena kita yang di Bumi mengamati sinar matahari jatuh ke Bulan pada sudut pandang yang berbeda-beda.

Diagram berikut ini menggambarkan bagaimana posisi Bulan relatif terhadap Matahari dan Bumi menghasilkan fase Bulan sebagaimana kita lihat di Bumi.






thumbnail
Judul: Mengapa Hanya Satu Sisi Bulan Saja yang Bisa Kita Lihat dari Bumi?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Internet, Lain Lain, Unik :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz