Ada Hikmah Dibalik Air Mata

Dua ilmuwan pernah melakukan penelitian disertasi tentang air mata. kedua peneliti tersebut datang dari jerman serta amerika serikat.

Hasil penelitian kedua peneliti itu menyimpulkan bahwa air mata yang keluar dikarenakan tepercik bawang atau cabe tidak sama dengan air mata yang mengalir dikarenakan kecewa serta sedih.

Air mata yang keluar dikarenakan tepercik bawang atau cabe ternyata tidak memiliki kandungan zat yang berbahaya. namun, air mata yang mengalir dikarenakan rasa kecewa atau sedih disimpulkan memiliki kandungan toksin atau racun.

Kedua peneliti itu pun merekomendasikan supaya orang-orang yang mengalami rasa kecewa dan sedih lebih baik menumpahkan air matanya. karena, jika air mata rasa sedih atau kekecewaan itu tidak dikeluarkan, dapat beresiko buruk untuk kesehatan lambung.

Menangis itu indah, sehat, serta lambang kejujuran. pada saat yang tepat, menangislah sepuas-puasnya serta nikmatilah karena tidak selamanya orang dapat menangis. orang-orang yang senang menangis kerapkali dilabeli sebagai orang cengeng. cengeng pada sang khalik yaitu positif serta cengeng pada makhluk yaitu negatif.

Orang-orang yang mudah berderai air matanya saat terharu mengingat serta merindukan tuhannya, air mata itu dapat melicinkannya menembus surga. air mata yang tumpah dikarenakan menangisi dosa masa lalu dapat memadamkan api neraka.

 Hal ini sesuai dengan hadis nabi, ada mata yang diharamkan masuk neraka, yakni mata yang tidak tidur semalaman didalam perjuangan fi sabilillah serta mata yang menangis dikarenakan takut pada allah.

Seorang sufi dulu menyebutkan, bila seseorang tidak pernah menangis, di khawatirkan hatinya gersang. di antara kebiasaan para sufi adalah menangis. beberapa sufi mata dan mukanya jadi cacat dikarenakan air mata yang senantiasa berderai.

Tuhan memuji orang menangis. serta mereka menyungkurkan muka sembari menangis serta mereka jadi tambah khusyuk. ( qs. al-isra’ : 109 ). nabi muhammad saw juga pernah berpesan, jika kalian hendak selamat, jagalah lidahmu serta tangisilah dosa-dosamu.

Tanda-tanda orang yang beruntung adalah saat mereka ada di bumi langsung menangis, sementara orang-orang di sekelilingnya tertawa dengan penuh keceriaan. bila meninggal dunia ia tersenyum, sementara orang-orang di sekelilingnya menangis dikarenakan sedih ditinggalkan.

Tampaknya, kita butuh memikirkan saat kelak meninggal dunia, apakah akan lebih banyak orang mengiringi kepergian kita dengan tangis rasa sedih atau dengan tawa keceriaan.

Bila air mata kerinduan pada tuhan tidak pernah lagi terurai, terlebih bila air mata senantiasa kering diatas tumpukan dosa serta maksiat, kita perlu segera melakukan introspeksi. apakah mata kita telah mulai bersahabat dengan surga atau neraka.

thumbnail
Judul: Ada Hikmah Dibalik Air Mata
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Lain Lain, Unik :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz