Selamat Ulang Tahun SMS yang Ke-20

Senin, 3 Desember 2012 atau hari ini, fitur pesan teks berulang tahun ke-20. Di usianya yang sudah tua untuk ukuran teknologi, fitur ini masih tetap dipakai dan bermanfaat kendati digempur oleh teknologi pengiriman pesan berbasis jaringan data.

Dikutip dari situs Phonearena, pesan teks atau dalam bahasa Inggris text messeging alias SMS, kali pertama diciptakan oleh seorang insinyur muda asal Inggris, Neil Papworth pada tahun 1992. Awalnya, Neil mengirimkan pesan singkat melalui komputer rumahnya ke manajer Vodafone, Richard Jarvis. Saat itu Jarvis memakai telepon selular (ponsel) Orbitel 901. Namun Jarvis tidak bisa membalas pesan Neil karena memang teknologi pesan teks saat itu belum ada. Kebanyakan orang saat itu menggunakan ponsel untuk sekadar menelepon.

Dua tahun kemudian, Nokia memanfaatkan teknologi pesan teks itu di ponsel pertamanya. Awalnya, teks hanya bisa dikirim ke ponsel yang menggunakan jaringan operator yang sama. Seiring kemajuan teknologi, pesan teks bisa dikirim ke dan diterima via lintas operator.

Saat kali pertama muncul layanan SMS ini masih gratis. Namun lama-lama, para perusahaan operator menangkap peluang uang dari layanan SMS ini. Akhirnya perusahaan operator memberlakukan tarif SMS per teks.

Misalnya, di Inggris, sebuah oeprator menarif harga 10 pence atau USD 16 sen per teks. Dengan 1 miliar teks yang dipakai tiap bulan, maka perusahaan bisa meraup jutaan dolar. Misalnya di Inggris pada tahun 2001, layanan pesan teks mendatangkan uang sekitar USD 160 juta.

Dengan munculnya teknologi pesan teks, menjadikan orang lebih banyak menggunakan SMS daripada menelepon saat menghubungi orang. Ucapan selamat hari raya kebanyakan dikirimkan via SMS, bukan menelepon langsung. Di Amerika Serikat sendiri pada tahun 2008, rata-rata pengguna ponsel menerima SMS 357 kali per bulan. Sementara panggilan telepon hanya 204 rata-rata setiap bulan.
thumbnail
Judul: Selamat Ulang Tahun SMS yang Ke-20
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Internet :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz