1. Terowongan Laerdal
 
 
 
 
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar   Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase   konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan   Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang   dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa   Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat   monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana   mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di   dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara   orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,"   kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di  University  of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang  berbeda.  "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan  lingkungan yang  dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang  baik." Beberapa  solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk  lampu biru  terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat  driver  konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan  ini dibagi  menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan  pengemudi  dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui  beberapa  terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan chanell

Location : Coquelles, Perancis
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa   Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah   sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada   usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka   berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.   setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua   negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena   panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk   jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam   terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel Lokasi : Zion Canyon,

Latar   Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion   di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa   Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai   sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion   menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan   yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan   cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,   yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali   selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.

Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa   Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko   menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun   tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,   sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan   dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun   selama dua tahun. 

Background:   Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi   penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya   telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa   Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang   menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus   untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan   Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan   kedalaman maksimum 180 meter.

Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa   Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah  pertama  kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash  menceritakan. "Ini  adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah  suatu alat yang  dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang  berfungsi sebagai  dukungan sementara struktur, konstruksi yang  memungkinkan kru untuk  aman, dan datar, menginstal sistem dukungan  permanen di bawah air.  Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang  baru pada awal abad  ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa  masuk di dalam lokasi  konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan  makan di dalam struktur  yang belum selesai. Ketika terowongan selesai  pada 1843, Ratu Victoria  memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel  untuk jasanya dalam dunia  konstruksi.

Mengapa   Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel   adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil   membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian  kawasan  geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para  insinyur  dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk  menghancurkan dan  menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

Latar   Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di  San  Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan  lima  jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa   Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan   tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash   berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat   biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya   membangun satu jembatan besar.

Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa   Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan  Ketiga  dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute  bawah tanah  Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan  militer  besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk  antar-jemput  seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan  bahwa sebanyak  20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting  hubungan antara Utara  dan Korea Selatan.

Mengapa   Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung   kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api   penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang   tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu   bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur   alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow   Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke   delapan.

Judul: 10 Terowongan Terunik di Dunia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Senin, November 05, 2012
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Senin, November 05, 2012
 
 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar